Antusiasme Masyarakat Aceh Sambut PON XXI

Date:

Masyarakat Aceh memenuhi Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Senin (9/9/2024). Mereka ingin menyaksikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024. 

Sejak pukul 16.00 WIB, antusiasme sudah terlihat di sekitar stadion. Warga memadati akses yang disediakan panitia bersama rombongan atlet. Destika Gilang (37), warga Banda Aceh, tak mau melewatkan kesempatan ini. 

“Saya ingin menyaksikan pertunjukan budaya Aceh yang ditampilkan pada pembukaan PON malam nanti. Saya juga penasaran melihat atlet dari seluruh Indonesia,” ujarnya di SBH.

Pembukaan PON XXI 2024 tidak hanya ajang olahraga, tetapi juga perhelatan budaya. Diharapkan dapat memperkenalkan kekayaan seni dan tradisi Aceh kepada dunia. 

Tari Malahayati dengan semangat kepahlawanan wanita Aceh adalah salah satu atraksi yang dinanti. Destika berharap PON XXI membawa dampak positif bagi perekonomian lokal, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta sektor pariwisata.

“Dengan banyaknya tamu datang, ini kesempatan bagi Aceh mempromosikan budaya dan pariwisata. Juga meningkatkan pendapatan masyarakat melalui ekonomi kreatif,” ujarnya lagi.

Nurul, warga Kampung Pinang, Banda Aceh, merasa bangga Aceh jadi tuan rumah PON. “Ini kebanggaan kami dan bentuk dukungan saya, saya berharap masyarakat bisa sukseskan PON XXI,” kata Nurul.

PON XXI Aceh-Sumut adalah ajang pertama yang melibatkan dua provinsi sebagai tuan rumah. Dengan 65 cabang olahraga, ajang ini juga mempererat persatuan dan solidaritas bangsa.

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa. Pembukaan ini diharapkan menjadi momen berkesan, mempertegas semangat ‘Peumulia Jamee’, tradisi masyarakat Aceh dalam memuliakan tamu.

Dengan dukungan masyarakat dan berbagai pihak, PON XXI diharapkan sukses dalam prestasi dan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi serta sosial Aceh. Acara pembukaan juga akan digelar di Sumatra Utara secara hybrid di Stadion Baharuddin, Deli Serdang.

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Menembus Perbedaan, Matius Fakhiri-Aryoko Rumaropen didukung Berbagai Agama, Suku, dan Etnis.

Isu SARA berkali-kali digunakan untuk menjatuhkan pasangan calon Gubernur...

Kecepatan Internet Naik 10 Kali Lipat Dalam Satu Dekade Pemerintahan Jokowi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan...

Keberhasilan Presiden Joko Widodo  Buka Akses Informasi dan Peluang Global dengan Akses Internet

Pembangunan infrastruktur digital yang juga menjangkau seluruh pelosok negeri...

Keberhasilan Presiden Joko Widodo dalam Wujudkan Tranformasi Digital Melalui Peningkatan Akses Internet

Dalam kurun waktu satu dekade terakhir, Indonesia telah mencatatkan peningkatan signifikan...