Home Blog Presiden Jokowi Buka PON XXI Aceh-Sumut: Ajang Pererat Persatuan Bangsa

    Presiden Jokowi Buka PON XXI Aceh-Sumut: Ajang Pererat Persatuan Bangsa

    0
    7

    Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam.

    Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi masyarakat Aceh yang turut meramaikan acara pembukaan tersebut dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah daerah serta seluruh masyarakat Aceh yang menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar di Indonesia itu.

    “Apresiasi khususnya kepada masyarakat Provinsi Aceh yang hadir pada malam hari ini. Kita semua bergembira, malam ini kita semua bersemangat menyambut pesta olahraga terbesar di tanah air Indonesia,” ujar Jokowi di hadapan ribuan penonton yang memadati stadion.

    Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasih dengan menggunakan bahasa Aceh, “Malam ini saya juga ingin menyampaikan teurimong geunaseh (terima kasih) untuk pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Aceh yang menjadi tuan rumah pembukaan PON ke-21 Aceh-Sumatera Utara,” ucapnya.

    Jokowi menegaskan, PON XXI bukan hanya menjadi ajang untuk melahirkan atlet-atlet terbaik bangsa, namun juga sebagai sarana mempererat persatuan dan persaudaraan bangsa Indonesia. Presiden berharap dari PON ini bisa lahir lebih banyak pemecah rekor dunia serta calon peraih medali emas di ajang internasional seperti Asian Games dan Olimpiade.

    “Namun, yang juga tidak kalah penting, Pekan Olahraga Nasional ini adalah ajang kita untuk semakin mempererat persatuan kita, semakin memperkokoh tali persaudaraan kita sebagai sebuah bangsa,” ungkapnya.

    Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan PON dengan semangat kebersamaan, sportivitas, dan kegembiraan dalam mengukir prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

    Sebagai penutup, Jokowi secara resmi membuka PON XXI Aceh-Sumut 2024. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, PON ke-21 Aceh-Sumatera Utara saya nyatakan dibuka,” ucap Jokowi.

    Acara pembukaan PON XXI berlangsung meriah dengan berbagai atraksi budaya yang menggambarkan kekayaan budaya Aceh, serta diiringi pertunjukan kembang api spektakuler yang Pembmemukau puluhan ribu penonton di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

    Presiden RIPON XXI Aceh-Sumut akan berlangsung mulai 9 September hingga 20 September 2024, diikuti oleh ribuan atlet dari seluruh provinsi di Indonesia yang bertanding dalam berbagai cabang olahraga.

    No comments

    Leave a reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here