Pemerataan Pembangunan Era Presiden Joko Widodo Tingkatan Kualitas Pendidikan

Date:

Pemerintahan era Presiden Jokowi terus mengejar pemerataan pembangunan untuk Indonesia Timur, terutama di Papua.

Sejumlah infrastruktur mulai dari transportasi, perkantoran pemerintah, jalanan umum, pertanian dan fasilitas umum lainnya terus dibangun agar masyarakat Papua merasakan kesejahteraan dan potensi alam yang dimiliki provinsi lainnya.

Pembangunan infrastruktur di Papua sesuai dengan mapping yang dapat dilakukan dengan berbagai metode, termasuk survei lapangan mencakup koordinat geografis, batas wilayah, topografi, dan informasi lainnya yang relevan dengan wilayah atau konsep yang sedang dipetakan.

Sehingga, pembangunan menjadi efektif dan sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat.

Tujuan dibangunnya berbagai infrastruktur di Papua agar nantinya wilayah tersebut dapat menarik investasi untuk masuk dan membangun bisnisnya disana.

Jika investasi besar-besaran masuk ke Papua, akan memperluas lapangan pekerjaan, majunya sektor pertanian, serta UMKM.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan pihaknya ditetapkan sebagai pemenang lelang pembangunan Jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena segmen Mamberamo-Elelim di Provinsi Papua Pegunungan senilai Rp3,3 triliun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jalan trans Papua ini nantinya akan menghubungkan berbagai sentra pertanian, perkebunan, perikanan, hingga sumber kekayaan lainnya di Papua.

Masyarakat akan terbantu dengan adanya pembangunan jalan ini. Karena akan semakin mempermudah mobilitas barang, manusia, maupun hasil kekayaan alam.

Trans Papua ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperbaiki aksesibilitas dan konektivitas serta memperluas jaringan jalan yang nantinya akan berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua.

Adapun lingkup pekerjaan yang akan dilaksanakan antara lain penanganan jalan, jembatan, perbaikan lereng dan tebing serta pembangunan fasilitas penimbangan.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad mengatakan pembangunan yang merata dan inklusif di Papua dapat membantu mengurangi ketegangan sosial dan politik serta memperkuat stabilitas wilayah tersebut.

Gencarnya pembangunan baik infrastruktur maupun SDM di Papua merupakan langkah positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, Pemerintah berharap dapat menciptakan masyarakat Papua yang mandiri dan berkualitas.

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Menembus Perbedaan, Matius Fakhiri-Aryoko Rumaropen didukung Berbagai Agama, Suku, dan Etnis.

Isu SARA berkali-kali digunakan untuk menjatuhkan pasangan calon Gubernur...

Kecepatan Internet Naik 10 Kali Lipat Dalam Satu Dekade Pemerintahan Jokowi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan...

Keberhasilan Presiden Joko Widodo  Buka Akses Informasi dan Peluang Global dengan Akses Internet

Pembangunan infrastruktur digital yang juga menjangkau seluruh pelosok negeri...

Keberhasilan Presiden Joko Widodo dalam Wujudkan Tranformasi Digital Melalui Peningkatan Akses Internet

Dalam kurun waktu satu dekade terakhir, Indonesia telah mencatatkan peningkatan signifikan...